Thursday , 19 October 2017
Home » Pertanian & Perkebunan » Harga Cengkeh Semakin Tinggi, Haruskah Petani Kopi Beralih Menanam Pohon Cengkeh?

Harga Cengkeh Semakin Tinggi, Haruskah Petani Kopi Beralih Menanam Pohon Cengkeh?

pohon cengkeh

Harga cengkeh yang semakin tinggi membuat sebagian besar petani kopi maupun jeruk tergiur untuk menanam cengkeh. Sementara harga kopi jauh lebih rendah bahkan akhir – akhir ini cenderung turun. 

Syarat Tumbuh Tanaman Cengkeh

Tanaman cengkeh akan dapat tumbuh dan berbuah pada daerah dengan ketinggian tidak lebih dari 900 meter diatas permukaan laut. Pada dasarnya cengkeh memerlukan hawa yang hangat / tidak terlalu dingin. Namun seiring dengan memanasnya permukaan bumi menyebabkan tanaman ini dan berbuah dengan baik pada daerah dengan ketinggian 1000 m atau di pegunungan. Jika kopi robusta dapat tumbuh dengan baik maka cengkeh juga dapat hidup di tempat tersebut.

Cara Perawatan Tanaman Cengkeh

Tanaman cengkeh bisa dikatakan tanaman yang minim perawatan. Dari mulai tanam sampai menghasilkan buah membutuhkan waktu dari 4 sampai 6 tahun. Perawatan bisa dilakukan dengan memberi pupuk kandang dan membersihkan rumput liar di sekitar tanaman.

Cara yang bisa dilakukan petani kopi jika ingin menanam cengkeh sebaiknya jangan membabat semua tanaman kopi yang ada. Transisi dari tanaman kopi ke tanaman cengkeh bisa dilakukan dengan tumpang sari terlebih dahulu. Tanaman kopi bisa dikurangi terutama disekitar bibit cengkeh. Karena jika tanaman kopi masih rimbun maka bibit cengkeh tidak akan mau tumbuh dengan baik.

Pemetikan dan Panen

Jika dibandingkan dengan cara pemanenan kopi, cengkeh dipetik dengan cara yang lebih sulit mengingat pohonnya yang menjulang tinggi dan karakteristik buahnya yang harus dipetik satu per satu. Tidak heran jika ongkos untuk petik cengkeh ini cukup tinggi. Bahkan di beberapa daerah penghasil cengkeh di Bali kesulitan untuk mendapat tenaga untuk pekerjaan ini.

Begitu juga setelah cengkeh dipetik harus dipisahkan dengan tangkainya. Proses ini juga dikerjakan dengan tangan satu persatu. Walaupun sudah ada mesin perontok biji cengkeh namun hasilnya belum sebersih dibandingkan dengan menggunakan tangan. Tahap selanjutnya adalah tahap penjemuran. Menjadi masalah ketika pada musim hujan karena jika sampai kena air biji cengkeh akan rusak.

 

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*