Tuesday , 24 October 2017
Home » Android » Enkripsi Panggilan Telepon dan SMS, Cara Agar Tidak Disadap

Enkripsi Panggilan Telepon dan SMS, Cara Agar Tidak Disadap

penyadapan

Isu terkait penyadapan akhir – akhir memang lagi sering dibicarakan karena adanya dugaan penyadapan pembicaraan telepon Presiden SBY oleh pihak Australia. Sebelumnya, penyadapan telepon terhadap pejabat yang dilakukan oleh KPK juga mengundang polemik karena konon penyadapan itu mengganggu privasi yang bersangkutan. Kita tidak akan berbicara tentang aspek hukum penyadapan ini tetapi yang akan dibahas adalah bagaimana caranya agar jalur komunikasi kita tidak sampai bocor.

Untuk komunikasi melalui email, kita sudah pernah membahas sebelumnya tentang bagaimana melakukan enkripsi pada email. Lalu bagaimana caranya untuk melakukan enkripsi terhadap percakapan telepon dan teks yang dikirim melalui SMS?

Untuk pengguna perangkat Android, anda dapat memanfaakan aplikasi dari  Open Whispersystem untuk keperluan enkripsi ini. Ada dua aplikasi yang dapat dipilih yaitu Red Phone untuk enkripsi panggilan telepon dan Text Secure untuk enkripsi SMS.

Seperti halnya metode komunikasi menggunakan sandi atau enkripsi, data yang dikirim akan di enkripsi menggunakan kunci dan penerima data harus mendekripsi lagi menggunakan kunci. Data disini berlaku untuk data suara maupun teks.Cara kerjanya adalah panggilan suara dan SMS akan diubah atau diacak kedalam kode yang berbeda dengan aslinya. Sehingga jika ada yang menyadap dalam proses pengirimannya maka tidak akan bisa dibaca sebelum disandikan kembali.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*