Thursday , 19 October 2017
Home » Windows » Enkripsi Email, Solusi Berkomunikasi dengan Aman

Enkripsi Email, Solusi Berkomunikasi dengan Aman

gmail enkripsi

Terkadang kita menginginkan agar surat elektronik (email) kita hanya bisa dibaca oleh yang akan dituju. Di era dimana kebocoran informasi bisa saja terjadi maka kita perlu mempersiapkan langkah – langkah untuk mengamankan informasi yang kita kirim.

Kenapa kita harus mengenkripsi email?

Walaupun mengirim informasi melalui email lebih aman dari kebocoran jika dibandingkan dengan media lain, SMS contohnya, tapi untuk menjaga privasi kita wajib mengamankan email yang kita kirim. Apalagi informasi yang kita kirim tersebut merupakan informasi yang bersifat pribadi atau informasi yang tidak boleh jatuh ke tangan orang lain. Enkripsi merupakan alternatif pengamanan informasi yang dikirim di dunia maya.

Enkripsi pada email yang berbasis web

Jumlah pengguna layanan email yang berbasis web mungkin jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan email yang berbasis desktop. Gmail dan Yahoo mail merupakan penyedia layanan email gratis favorit. Berikut ini adalah cara untuk melakukan enkripsi terhadap email dari layanan tersebut.

Mailvelope merupakan ekstensi atau plugin di browser Mozilla Firefox dan Google Chrome  yang dapat  digunakan untuk melakukan pekerjaan enkripsi ini dengan sangat baik. Untuk pengguna Chrome, aplikasi ini bisa langsung di download di Toko Web Chrome.

Setelah di download dan di install maka di pojok kanan Google Chrome akan terdapat ikon Mailvelope. Klik kanan, pilih opsi dan pilih generate key.

enkripsi email

 

Masukkan Nama anda, email dan password lalu submit. Ini akan menghasilka kunci publik anda yang harus diserahkan kepada siapapun yang akan ada kirimi email.

Sekarang setiap anda membuka browser untuk mengirim email, baik itu Gmail, Yahoo maupun Live, maka tombol Mailvelope ini akan secara otomatis muncul. Jika anda tidak ingin mengirim email yang terenkripsi silahkan tutup. Jika anda ingin mengirim email dengan enkripsi silakan klik pada ikon tersebut maka akan muncul jendela baru tempat anda menulis email. Setelah selesai mengetik, klik pada tombol kunci untuk mengenkripsi.

enkripsi dengan gmail

 

Masukkan alamat email yang akan dituju dan klik transfer.

Untuk penerima email akan muncul pesan dengan karakter acak, untuk membaca tulisan asli anda harus melakukan proses dekripsi dengan memasukkan password dari kunci privat anda.

Informasi lebih lanjut bisa di baca di documentation websitenya. 

 

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*