Friday , 18 August 2017
Home » Blog » Dampak Negatif Dari Selfie

Dampak Negatif Dari Selfie

foto gadis bertiga

Peradaban selalu disertai dengan trend. Setiap tahun ada saja kegiatan atau tingkah polah dari manusia yang menjadi trend yang diikuti oleh khalayak.

Selfie artinya foto yang diambil sendiri, biasanya menggunakan kamera smartphone atau webcam lalu diunggah di media sosial. Menurut kamus Oxford, selfie merupakan “word of the year tahun 2013” yang berarti kata ini sangat populer secara internasional. Selfie diawali oleh suatu kebiasaan dari orang yang suka memuja diri sendiri atau narsis. Selfie adalah narsis lewat media foto.

Segala sesuatu memiliki dampak negatif maupun positif. Begitu juga dengan fenomena selfie. Lalu apa saja dampak negatif selfie ini bagi pelakunya?

Selfie mempercepat penyebaran kutu rambut

Kutu rambut selalu identik dengan anak kecil atau remaja yang tinggal di pedesaan atau dari golongan ekonomi lemah. Namun faktanya, di negara maju seperti Amerika kasus kutu rambut juga ada. Bahkan konon menurut riset ┬ápakar kutu disana menemukan bahwa remaja dengan kutu rambut meningkat jumlahnya akibat berfoto selfie bersama. Tidak heran karena foto selfie kebanyakan harus menempelkan kepala masing – masing untuk muat di frame.

Selfie mempercepat penyebaran penyakit kulit.

Selain penyebaran kutu rambut, karena terjadi sentuhan kulit maka dimungkinkan juga penyebaran penyakit kulit.

Selfie Membahayakan Jiwa

Pada kasus narsis tingkat lanjut menunjukkan bahwa pose dengan latar belakang standar saja tidak cukup. Mereka akan mencari tempat – tempat yang ekstrim untuk sekedar berfoto.

Ini Contohnya :

selfie berbahaya

Kesimpulan

Sebenarnya selfie tidaklah terlalu berbahaya jika bijak dalam pembuatan dan penggunaannya. Selfie jika dilakukan sendiri memang tidak akan menularkan penyakit apapun namun yang harus diperhatikan adalah masalah privasi. Karena jika sebuah foto atau video sudah di upload ke internet maka anda sudah tidak bisa menghapusnya. Foto di media sosial itu seperti tato.

Sumber Foto www.gizmodo.com

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*