Thursday , 19 October 2017
Home » Elektronik » Cara Pasang Amplifier atau Tape Mobil di Rumah

Cara Pasang Amplifier atau Tape Mobil di Rumah

tape mobil rumah

Jika anda memiliki amplifier untuk  mobil atau pun head unit yang tidak digunakan, anda dapat memanfaatkannya untuk keperluan perangkat audio di rumah. Misalnya untuk mengganti speaker komputer yang terlalu kecil atau untuk sistem audio di kamar tidur.

Untuk dapat memanfaatkan amplifier mobil dipasang dirumah, yang perlu diperhatikan adalah tegangan listriknya. Mengingat listrik PLN memiliki tegangan 220 volt sementara aki mobil memiliki tegangan 12 volt, maka yang dibutuhkan adalah sebuah adaptor. Anda dapat membuat sendiri adaptor 12 volt dengan menggunakan trafo 5 amp dan dioda penyearah. Namun jika ingin lebih mudah, anda dapat memanfaatkan power suply bekas CPU komputer. Power supply jenis ATX yang umumnya digunakan oleh komputer sudah memiliki tegangan 12 volt yang dibutuhkan amplifier mobil. Berikut adalah kode warna dan tegangan dari kabel – kabel power supply :
Kuning  = 12v
Merah = 5v
Oranye = 3.3v
Hitam = Ground

Sebaliknya, amplifier yang biasa digunakan dirumah bisa dipasang di mobil hanya dengan menambahkan inverter 12 to 220 volt. Inverter tegangan PLN ini sudah banyak dijual di toko – toko elektronik  maupun toko online.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*