Saturday , 25 November 2017
Home » Blog » Berbagai Cara Berjualan Online

Berbagai Cara Berjualan Online

toko online

 

Berbelanja melaui internet kini sudah menjadi trend. Hampir semua kebutuhan kita bisa didapatkan hanya dengan beberapa klik. Begitu juga jika ingin menjual sesuatu.  Ada banyak cara jika anda ingin menjual barang secara online. Berikut adalah berbagai cara yang dapat anda pilih ketika ingin melebarkan jangkauan penjualan anda

1. Manfaatkan Situs Jejaring Sosial

Cara paling mudah dan tidak memerlukan biaya tambahan selain biaya langganan internet adalah memanfaatkan situs media sosial dengan pengguna aktif yang banyak. Situs yang banyak digunakan untuk berjualan yaitu Facebook, Tweeter dan Instagram.  Karena situs ini tidak ditujukan untuk berjualan terkadang iklan – iklan yang ditampilkan mengganggu pengguna lainnya. Tingkat keamanan transaksi juga sangat rendah karena hanya berbasis kepercayaan. Masalah muncul jika menggunakan akun palsu atau ada akun yang di hack.

2. Menumpang pada Situs Jual Beli

Banyak situs jual beli yang menawarkan tempat berjualan yang bisa digunakan secara gratis.  Secara garis besar situs semacam ini ada dua tergantung barang yang ingin anda jual. Pertama adalah situs jual beli yang memberikan tempat untuk memajang iklan tapi tidak memberikan mekanisme untuk pembayaran maupun pengiriman.  Situs ini cocok jika anda ingin menjual tanah, rumah atau mobil. Contoh situs model ini yang terkenal adalah berniaga dan tokobagus yang telah diakuisi oleh OLX. Karena tidak ada fitur pengiriman maka penjual dan pembeli harus bertemu untuk melakukan transaksi.

Kedua adalah situs jual beli yang selain memungkinkan menampilkan iklan juga bisa melayani pembayaran dan pengiriman. Untuk keamanan transaksi biasanya menggunakan rekening bersama dimana pembeli tidak langsung mentransfer uang ke penjual. Contoh dari situs seperti ini adalah tokopedia dan bukalapak.

3. Membuat Website Toko Online

Jika anda ingin mengelola sendiri website agar sesuai keinginan anda dapat membuat toko online sendiri. Anda dapat menggunakan jasa web develover apabila ingin membuat website yang besar seperti Bhinneka atau Lazada. Biaya pembuatan sangat tergantung dari fitur di dalamnya.

Apabila anda memiliki sedikit pengetahuan tentang web, anda dapat mengembangkan sendiri website untuk toko online anda. Banyak platform yang dapat dipilih untuk keperluan ini. Openchart dan Prestashop adalah contoh aplikasi opensource yang dapat digunakan secara gratis untuk membuat website toko online. Anda cukup menyewa domain dan hosting lalu dengan sedikit kostumisasi maka toko online anda sudah bisa digunakan.

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*