Tuesday , 24 October 2017
Home » Aplikasi » Belajar Bahasa Pemrograman untuk Anak dengan Code.org

Belajar Bahasa Pemrograman untuk Anak dengan Code.org

pemrograman anak
Bahasa pemrograman identik dengan kode – kode yang ruwet dan susah dipahami. Pembuat program (programmer) identik dengan lulusan informatika atau orang yang menghabiskan waktu siang malam di depan komputer. Walaupun sesungguhnya tidak tidaklah seperti itu. Pemrograman merupakan implementasi dari pelajaran matematika yang diterjemahkan dalam kode – kode agar bisa dipahami oleh komputer.
Belajar bahasa pemrograman sejak dini dapat melatih anak untuk berfikir dengan logis dan terstruktur. Untuk menarik minat anak untuk belajar bahasa pemrograman maka perlu diberikan pemahaman bahwa aplikasi itu tidak hanya di komputer. Dalam kehidupan sehari – hari pemrograman itu misalnya digunakan pada telepon, tablet bahkan dalam lampu setopan di jalan. Media belajar juga harus mudah dipahami dan menarik misalnya berorientasi visual atau grafis.

Belajar Membuat Games Sederhana

Kebanyakan anak suka bermain game di komputer. Bahkan dulu banyak yang menyarankan kalau mulai belajar komputer itu dimulai dengan bermain games. Daripada anak anda kecanduan dengan permainan di komputer alangkah baiknya jika diarahkan untuk mulai memahami bagaimana games yang dimainkan itu dibuat. Selanjutnya baru mulai membuat sebuah games sederhana dengan bahasa yang sederhana.

Code.org

Internet merupakan tempat untuk belajar apapun dengan cara yang lebih menyenangkan. Misalnya bagaimana cara belajar bahasa asing maupun matematika. Code.org merupakan aplikasi berbasis website yang bisa digunakan untuk belajar membuat aplikasi atau games sederhana. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh pengajar baik itu orang tua maupun guru di sekolah sebagai sarana untuk belajar bahasa pemrograman. Banyak pilihan game yang dapat dipilih, misalnya membuat game Angry Bird dalam sebuah labirin. Kelebihan lainnya adalah ada pilihan bahasa Indonesia sehingga dapat digunakan oleh anak yang belum paham bahasa Inggris.
Ilustrasi gambar :http://bigthink.com/

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*