Thursday , 19 October 2017
Home » Blog » Apa itu NUC?

Apa itu NUC?

intelnuc

Perangkat komputer kini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, seperti PC Desktop, Laptop, Tablet dan Smartphone. Walau dari jumlah pemakai baru terbilang menurun, namun masih saja pengguna komputer untuk rumahan maupun kantoran memerlukan PC Desktop. Banyak pengguna komputer yang merasa lebih nyaman menggunakan komputer PC dibandingkan dengan Laptop atau tablet. PC konvensional umumnya memiliki ukuran yang relatif besar  sehingga menghabiskan ruang lebih banyak. Untuk itu diperlukan sebuah komputer yang memiliki kemampuan setara PC konvensional namun dengan ukuran yang lebih ringkas.

Apa Itu NUC?

Next Unit of Computing (NUC) merupakan PC dengan ukuran sekecil hardisk external. Dengan ukuran sedemikian sudah memiliki semua fitur sebuah komputer seperti Harddisk, Memory, VGA,USB dan kartu jaringan. Biasanya komputer ini digunakan untuk media center dirumah maupun untuk game yang ditaruh dibelakang dari LCD TV.

Untuk koneksi ke monitor atau TV, NUC menggunakan koneksi HDMI. NUC bukan didesain untuk pengguna komputer yang ingin melakukan kostumisasi layaknya komputer rakitan. Tidak ada slot untuk menambahkan perangkat tambahan seperti harddisk, memory dan VGA.

NUC hadir dengan pilihan processor Intel Celeron, i3 dan i5. NUC dengan processor i3 dibanderol dengan harga 5,5 jutaan. Jika bandingkan dengan komputer rakitan tentu harganya lebih mahal.

INTEL NUC Complete Set Mini PC [BOXD34010WYKH2]
INTEL NUC Complete Set Mini PC [BOXD34010WYKH2]

About budarsa

Bloger tahap belajar. Bekerja sebagai pegawai di pemkab Buleleng, Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*